Skip to content
Tags

Manajemen Waktu

September 13, 2013

Seringkali saya tidak memperhatikan waktu, terutama dalam hal pengalokasian waktu. Memang untuk set prioritas penggunaan waktu bukanlah hal yang mudah. Tapi sebenarnya perlu.

Pemanfaatan waktu siang dan malam itu sangat penting. Ibn Qayyim al-Jauziyah menegaskan bahwa menyianyiakan waktu itu lebih berbahaya dari kematian, karena menyia-nyiakan waktu itu dapat memutus hubungan dengan Allah dan akhirat. Sedangkan kematian hanya memutus dari kehidupan dunia dan keluarga saja. Orang-orang yg menyia-nyiakan waktu akan kehilangan kesempatan untuk investasi bagi kehidupan akhiratnya.

Kata kunci manajemen waktu adalah Disiplin dan Penyegeraan kewajiban, tugas, dan pekerjaan. Agar fungsional dan bermakna, manajemen waktu harus senantiasa dikawal dgn kesadaran “wal ashri”.
Waktu menjadi bermakna jika dilandasi iman yg kokoh, ditindaklanjuti dgn berbagai kesalehan, dibarengi pencarian kebenaran, dan diperindah kesabaran.

Semoga kita semua optimal me-manage waktu, sehingga hidup menjadi lebih berkah dan bermakna. Wallahu a’lam.

Sebagai org yg masih sering membuang-bunag waktu, nulis hal diatas sebenarnya sangat berat beban moralnya. Tapi mudah2an jadi pengingat untuk selalu introspeksi diri dlm pengelolaan waktu 🙂

Advertisements

From → Inspiration

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: